Senin, 28 Maret 2011

Mengelola Proyek Digital

       Sedang merencanakan Proyek? jangan lagi menggunakan cara-cara lawas untuk mengelolany. Pakai project pier (http://www.projectpier.org). Project pier merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk pengelola proyek. Ia punya tampilan yang sederhana, Tapi powerful, mudah digunakan dan yang terpenting gratis. Tidak ada batasan jumlah proyek, klien atau apapun, semuanya dapat kamu optimalkan tanpa batas.
      Project Pier ini dikembangkan dengan PHP, JavaScript dan database MYSQL dibelakangnya. Artinya, kamu dapat menggunakan software berbasis web ini pada platform Windows atau Linux.
     Pengakses bisa langsung mengelola milestone, pesan, tasklist dan file tanpa harus repot memikirkan cara aksesnya. Semua browser dapat digunakan untuk mengakses Project Pier. Bila anggota team lupa atau tidak sempat membuka Project Pier, fitur notifikasi via e-mail akan mengirimkan pesan elektronik mengenai milestone, task, pesan dan komentar keanggota.
    Aplikasi ini dapat diunduh di http://downloads.sourceforge.net/projectpier/projectpier-0.8.0.3.zip. Sebelum menginstal Project Pier diserver pastikan diserver sudah ada PHP versi 5, Apache versi 2, MYSQL dengan dukungan InnoDB. Berikutnya, ikuti petunjuk diantar muka web, dan Project Pier siap Digunakan.
    Bila Project Pier telah terinstal, kamu akan diminta membuat akun dengan hak akses administrator. Kamu juga akan diminta memasukan nama perusahaan. Jika sudah, lakukan login ke Project Pier dengan user name dan password yang telah kamu buat sebelumnya.
    Usai login, kamu bisa menentukan detail perusahaan, membuat akun baru, membuat daftar klien yang kamu punya dan membuat proyek baru. Saat pembuatan proyek baru, kamu akan diminta memasukan nama proyek dan penjelasannya. Kamu juga akan diminta untuk mengatur atas hak akses pengguna dalam proyek.
Selanjutnya, kamu bisa menentukan milestone, task, pesan dan mengunggah file dokumen kedalam akun proyek kamu. Pengelola proyek dapat dilakukan langsung dari akun yang telah terbentu.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar